Tingkatkan Kualitas Konten dan Fitur, Tim Simpul Jaringan Selenggarakan Bimtek Sariva

Untuk meningkatkan kualitas Website Sariva yang sudah dilaunching sebelumnya, Tim Simpul Jaringan Inovasi Sariva Kalbar bersama USAID-ERAT mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Website Simpul Jaringan Sariva. Kegiatan diadakan selama dua hari (30-31/8) bertempat di Hotel Harris Kota Pontianak.  

 

Sebagaimana diketahui, Peningkatan iklim inovasi di daerah bisa didorong melalui pemanfaatan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) yang telah terbangun di beberapa provinsi. JIPP diselenggarakan dengan tujuan menyebarluaskan informasi, menjadi media berbagi pengetahuan, media pendokumentasian, serta mendorong akselerasi inovasi. Untuk itu, tiap JIPP baik Nasional maupun Daerah perlu diperkuat baik dalam hal struktur, kegiatan, website, mekanisme, dan evaluasinya. Dalam hal ini, website JIPP memiliki fungsi vital dalam mendukung terwujudnya tujuan JIPP. 

Karenanya diperlukan perbaikan secara berkelanjutan pada website JIPP. Beberapa persoalan mendasar yang umum ditemui pada website JIPP seperti integrasi fitur yang selaras dengan tujuan JIPP, standar konten inovasi dan informasi, efektivitas tampilan untuk mendukung ramah pengguna, hingga optimalisasi peran simpul jaringan harus terus dievaluasi dan ditingkatkan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah Menghasilkan skema penilaian dan kelengkapan data kompetisi inovasi yang difasilitasi melalui Platform Sariva, Menerapkan standarisasi konten pada direktori inovasi sehingga memadai sebagai sarana berbagi pengetahuan inovasi, Meningkatkan user-friendly dan efektivitas penggunaan Platform sebagai direktori inovasi serta manajemen pengetahuan inovasi, dan Meningkatkan peran dan kontribusi tim Simpul Jaringan dalam operasionalisasi Platform Sariva. 

"Pengembangan simpul jaringan inovasi yang kita laksanakan hari ini dan besok merupakan langkah konkret setelah peluncuran Simpul Jaringan Inovasi Provinsi Kalimantan Barat pada Mei lalu, sebagai upaya kita untuk terus mendorong kemajuan dan perkembangan di berbagai sisi website simpul jaringan inovasi," ungkap Plt Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Badan, Domisius Sintan.

Domisius mengatakan, seiring dengan tuntutan kebutuhan yang semakin dinamis, perubahan paradigma dalam menghadapi berbagai persoalan juga menjadi suatu keharusan. Beberapa persoalan mendasar yang umum ditemui, seperti integrasi fitur yang selaras dengan tujuan Sariva, standar konten inovasi dan informasi, efektivitas tampilan untuk mendukung pengalaman pengguna yang ramah, hingga optimalisasi peran simpul jaringan, semuanya harus terus dievaluasi dan ditingkatkan.

Pihaknya mengapresiasi dan berterimakasih kepada Tim Penguatan Penyelenggaraan Inovasi Daerah Provinsi Kalimantan Barat dan Fasilitator dari USAID ERAT yang telah menindaklanjuti komitmen Gubernur melalui pembangunan Innovation Hub atau Simpul Inovasi Daerah yang merupakan wadah untuk mendorong lahirnya inovasi. Selain itu, kehadiran Sariva juga untuk mendokumentasikan serta melakukan inkubasi inovasi, mereplikasi, tempat belajar inovasi, tempat berdiskusi dan penyelenggaraan kompetisi secara integrasi serta melakukan penguatan Sumber Daya Manusia Inovasi melalui Lokakarya, Workshop dan Pelatihan yang diharapkan kedepannya akan dilaksanakan sehingga mampu membentuk para Pelopor Inovasi di setiap Perangkat Daerah.

 

Share this Post

Berita Lainnya