e-SOHIB KALBAR (Sistem Online Hibah dan Bansos Kalimantan Barat)

Ringkasan

Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Barat merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam menangani penyaluran hibah dan bansos Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Sebelum ditetapkan dan menerima bantuan dana hibah dan bansos, masyarakat membuat surat permohonan pemberian bantuan hibah beserta proposal yang berisi dokumen pendukung andministrasi pengajuan hibah dan bansos yang ditujukan kepada Gubernur Kalimantan Barat. Surat Permohonan dan proposal tersebut disampaikan ke Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Barat secara langsung, yang mana masyarakat yang mengajukan pernohonan tersebut bukan hanya berasal dari Kota Pontianak atau Kabupaten/Kota terdekat, melainkan masyarakat yang berasal dari Kab/Kota yang memiliki jarak tempuh sangat jauh, bahkan banyak yang berasal dari pelosok Kab/Kota di Kalimantan Barat. Berdasarkan hal tersebut, Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Barat mencoba untuk melakukan inovasi/perubahan yang bersifat membangun dan mempermudah proses pelayanan dalam menyalurkan bantuan hibah dan bansos yang sesuai dengan Tugas dan Fungsi Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan BaraT. Upaya perubahan yang dilakukan oleh Biro Kesejahteran Rakyat adalah memudahkan mekanisme penyampaian surat permohonan dan proposal hibah dan bansos di Biro Kesejahteraan Rakyat, dimana penyampaian pengajuan tersebut tidak perlu dilakukan secara manual atau disampaikan langsung ke Biro Kesejahteraan Rakyat, melainkan masayarakat dapat menyampaikan melalui sebuah aplikasi. Aplikasi ini dibuat dengan mempertimbangkan penilaian bahwa cara manual atau penyampaian langsung ke Biro Kesejahteraan Rakyat yang sebelumnya dilakukan dianggap kurang praktis dan lebih menyita waktu dan biaya masyarakat untuk mengantarkan surat permohonan dan proposal bantuan tersebut, sehingga dilakukan perubahan mekanisme penyampaian proposal hibah dan bansos secara manual atau langsung menjadi penyampaian secara online melalui aplikasi E-SOHIB KALBAR (Sistem Online Hibah dan Bansos Kalimantan Barat), dimana aplikasi tersebut menyediakan pelayanan dan penerimaan proposal secara online. Aplikasi E-SOHIB diharapkan dapat membantu dan memudahkan masyarakat dalam memantau secara online bagaimana perkembangan pengajuan proposal yang mereka ajukan. Kemudahan dalam pemantauan dimaksud ialah masyarakat dapat memeriksa proses hibah dan bansos dimanapun dan kapan pun tanpa harus datang secara langsung ke Biro Kesejahteraan rakyat Setda Provinsi Kalimantan Barat atau menunggu jam pelayanan di Biro Kesejahteraan Rakyat. Aplikasi ini juga menyediakan penginputan proposal bantuan beserta dokumen pendukung administrasi serta menyediakan layanan untuk masyarakat mengecek alur proses penyampaian hibah dan bansos tersebut mulai dari verifikasi oleh admin dan operator hingga proposal tersebut disetujui atau tidaknya oleh Gubernur Kalimantan Barat.Tujuan inovasi Aplikasi E-SOHIB ialah : 1. Memudahkan masyarakat dalam menyampaikan usulan surat permohonan dan proposal hibah dan bansos beserta dokumen pendukung administrasi tanpa harus menyita waktu dan biaya 2. Menciptakan kemudahan bagi tim verifikator dalam memeriksa kelengkapan berkas dokumen pendukung pengajuan hibah dan bansos 3. menciptakan keterbukaan bagi masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat 4. Menciptakan kerjasama dan koordinasi Biro Kesejahteraan rakyat dengan Organisasi Perangkat Daerah lainnya di Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat 5. Menjadi salah satu inovasi / perubahan ke arah yang lebih baik terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.Manfaat yang diperoleh dari Aplikasi E-SOHIB antara lain : 1. memudahkan masyarakat/lembaga/organisasi masyarakat dalam mengakses karena bersifat online dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun 2. mempermudah pelaksana dalam melakukan identifikasi, verifikasid an validasi terkait permohonan bantuan hibah dan bansos yang diajukan 3. memudahkan dalam memonitoring sekaligus mengevaluasi terkait permohonan hibah dan bansos yang diajukan 4. memiliki database sehingga mempermudah pelaksana dalam memberikan bantuan hibah dan bansos karena tidak setiap tahun diberikan kepada masyarakat/lembaga/organisasi kemasyarakatan.Hasil Inovasi pelayanan penerimaan pengajuan hibah dan bansos dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun serta menghasilkan transparansi data sehingga masyarakat dapat bebas mengakses dan mengawal tentang penyaluran dana hibah dan bansos pemerintah provinsi kalimantan barat.

Link video belum tersedia

Details

Share this Post