AKSI PRAJA PEDULI

Ringkasan

Dalam kondisi normal unit layanan pengadaan yang dikelola oleh Biro Pengadaan Barang dan Jasa dikunjungi rata-rata 15 orang perhari. Pada masa puncak layanan, pada waktu yang bersamaan pengunjung bisa mencapai 10 orang di waktu yang sama . Untuk kondisi ruangan pelayanan kami yang relatif kecil, Biro Pengadaan Barang Dan Jasa sulit menjalankan protokol kesehatan COVID-19 yaitu menjaga jarak antar pengunjung. Menyikapi kondisi tersebut Biro PBJ harus membatasi pengunjung dengan cara merubah Pelayanan secara Ofine menjadi pelayan secara Online, jenis layanan yang jami sediakan seperti Pembuktian Kualifkasi secara Online, Verifkasi Akun Penyedia secara Online, Pendampingan dan Bimbingan Teknis secara Online serta Konsultasi secara online. Sehingga kami dapat mengurangi jumlah Pengunjung di Font Ofce dan meningkatkan Pelayanan Secara Online, baik dengan memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia maupun membangun sistem baru. Aplikasi Aksi Praja Peduli Merupakan inovasi yang dikembangkan Oleh Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekertariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat untuk mempermudah aktivitas dan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam bidang pengadaan barang dan jasa pada masa pandemic COVID-19 yang membatasi pertemuan dan ruang gerak manusia dengan pemberlakuan physical distancing dan dalam dunia pemerintahan dikenal sebagai work from home sehingga mencegah pTujuan Inovasi Daerah ini adalah untuk mempermudah aktivitas dan pelaksanaan tugas fungsi dalam bidang pengadaan barang/jasa pada masa pandemi COVID-19 yang membatasi pertemuan dan ruang gerak manusia dengan pemberlakuan physical distancing dandalam dunia pemerintahan dikenal sebagai work from home (bekerja dari rumah) sehingga mencegah penularan virus yang dapat berakibat pada kesehatan dan keselamatan jiwa penularan virus yang dapat berakibat pada Kesehatan dan keselamatan jiwa.Manfaat yang diperoleh dari Inovasi ini antara lain adalah 1. Komunikasi dapat berjalan dengan baik walaupun sebagian Pegawai harus melaksanakan Tugas Work From Home. 2. Pegawai dapat memanfaatkan dan mengakses Sarana Komunikasi Kantor dari luar untuk memberikan Pelayanan. 3. Dapat menggunakan Fasilitas Video Meeting Organisasi untuk kebutuhan Rapat Koordinasi. 4. Pelayanan Pendampingan dan Bimbingan Teknis tetap dapat dilaksanakan melalui secara Digital. 5. Konsultasi dapat dilakukan secara Online.Ada 3 (Tiga) Inovasi yang dilakukan, yaitu terkait Pemanfaatan Teknologi IP PBX dan VOIP pada Inovasi Layanan Contact Center. Pemanfaatan Open Source Video Meeting pada Inovasi Ruang Digital dan Pengembangan Aplikasi Support System Layanan Konsultasi Online (Lakon). Layanan Contact Center dapat diakses melalui Telepon 0816232020, 087897072020 dan 08993202020. Cara Kerjanya adalah menghubungkan seluruh perangkat Smartphone Pengelola Layanan kedalam Jaringan IP PBX Kantor melalui Aplikasi Linkus. Sedangkan Layanan Ruang Digital dapat diakses melalui https://ruang.bpbj.id/. Cara kerjanya adalah Pengguna yang memerlukan pendampingan teknis, sebelumnya membuat janji melalui Layanan Contact Center atau mengajukan permintaan layanan melalui Aplikasi Lakon. Layanan Konsultasi Online (Lakon) dapat diakses melalui https://lakon.bpbj.id/ . Cara kerjanya adalah Pengguna mendaftar diaplikasi, kemudian membuat Tiket. Tiket dapat berbentuk Laporan Gangguan atau Permasalahan dan Permintaan Layanan

Link video belum tersedia

Details

Share this Post