MANTAP (Manajemen Data Pelayanan)

Ringkasan

Peningkatan kualitas pelayanan publik dan kinerja aparatur sipil negara (ASN) adalah salah satu cara untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan berkualitas dengan prinsip-prinsip Good Governance. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menyebabkan kebutuhan akan akses informasi ikut meningkat. Kebutuhan serta tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik semakin meningkat. Pelayanan publik digital kunci sukses e-government. Pelayanan publik harus cepat tanggap, efektif dan efisien. Pelayanan publik digital adalah solusi untuk mengubah sistem pelayanan publik konvensional yang dikenal lambat, tidak efektif dan efisien serta inventaris data yang terpisah pada beberapa berkas, dan batas akses yang sempit. Laboratorium Pengamatan Hama dan penyakit (LPHP) UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat perlu melakukan pemantapan kelembagaan dan manajemen dalam pengelolaan data sehingga mampu memberikan dukungan dan kontribusi positif untuk menciptakan kinerja yang lebih baik. Pelayanan publik digital dan digitalisasi data seharusnya sudah diterapkan diberbagai instansi. LPHP memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang optimal, yang sesuai dengan visi misi pemerintah yang mengharapkan adanya peningkatan peran aparatur pemerintah dalam melaksanakan tugas pelayanan publik. Di era digital sekarang ini, kebutuhan masyarakat terhadap layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi semakin tinggi. Oleh sebab itu sebagai ASN harus mengupayakan pelayanan yang maksimal supaya menghasilkan pelayanan publik yang efisien baik dari segi biaya, waktu dan tenaga. Penerapan Managemen Data Pelayanan (MANTAP) berbasis teknologi menyesuaikan dengan situasi dan kebutuhan publik serta kemampuan penyelenggara pelayanaan publik.

Lihat Video Inovasi

Details

Share this Post